Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Membuat Iklan Tidak Boleh Menjatuhkan Produk Yang Lain

Mengapa membuat iklan tidak boleh menjatuhkan produk yang lain

Mengapa membuat iklan tidak boleh menjatuhkan produk yang lain

1. Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 tahun 1999, Pasal 17 Ayat (1) a yang berbunyi: "Pelaku usaha periklanan dilarang memproduksi iklan yang mengelabui konsumen mengenai kualitas, kuantitas, bahan, kegunaan dan harga barang dan/atau tarif jasa serta ketepatan waktu penerimaan barang dan/atau jasa".

Apa yang dimaksud dengan iklan yang menyesatkan?

Iklan yang menyesatkan merupakan suatu berita pesanan dari suatu pihak yang mendorong atau pun membujuk khalayak ramai (pihak konsumen) mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa seperti surat kabar atau majalah, namun isi berita yang disajikan belum diketahui kebenarannya yang pasti sehingga

Mengapa penerapan etika di dalam periklanan sangat penting?

Walaupun iklan memiliki tujuan komersil, kenyamanan konsumen tetaplah menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, dalam membuat iklan harus beretika agar tidak merugikan masyarakat atau pihak lain, bahkan lebih baik bisa memberikan nilai edukasi dan manfaat bagi pembaca iklan.

Apa yang dimaksud dengan iklan tidak etis?

Semua iklan yg dibuat dengan melebihkan kenyataan sebenarnya dari produk tertentu dengan maksud untuk memperdaya dan membujuk konsumen untuk membeli produk itu dianggap sebagai iklan yg tidak etis.

Jelaskan apa saja yang dilarang dilakukan oleh pelaku usaha sehubungan dengan memasarkan barang dan jasa?

Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan atau mengiklankan produk secara tidak benar, menyesatkan dan/atau menampilkan kesan seolah-olah. Selain itu, pelaku usaha dilarang mengelabui/menyesatkan konsumen saat melakukan obral atau lelang. Pelaku usaha juga dilarang membohongi konsumen.

Mengapa sebuah iklan perlu disertakan keunggulan produk yang diiklankan?

Mengapa sebuah iklan perlu disertakan keunggulan produk yang diiklankan? Karena iklan ini agar bisa produk barang biar cepat laku dan laris manis dengan harga jual tinggi oleh kepada pembeli.

Mengapa isi iklan tidak boleh menyesatkan individu?

Salah satu unsur dari iklan adalah isi iklan tidak boleh menyesatkan individu (orang orang).jika iklan ini menyesatkan iklan ini dapat merugikan individu.contohnya iklan yang mempromosikan narkoba. para remaja bisa tertarik dan menggunakan narkoba. sehingga hal ini merugikan para remaja individu.

Kapankah sebuah iklan atau komunikasi dianggap menipu atau menyesatkan?

Iklan yang menyesatkan terjadi apabila iklan tersebut sebenarnya memuat informasi yang benar tetapi informasi tersebut dapat menimbulkan persepsi yang salah atau mengelabui konsumen. Iklan yang menyesatkan dimungkinkan juga walaupun pernyataan yang terdapat dalam iklan tersebut tidak secara nyata mengandung unsur

Apa sajakah kriteria iklan yang baik yang harus dipenuhi oleh para pelaku bisnis saat akan mempromosikan produknya tanpa melanggar etika periklanan?

Iklan harus jujur, bertanggungjawab dan tidak bertentengan dengan hukum yang berlaku, iklan tidak boleh menyinggung perasaan dan atau merendahkan martabat, agama, tata susila, adat, budaya, suku, dan golongan serta iklan harus dijiwai oleh asas persaingan yang sehat.

Apakah iklan masih harus memiliki etika baik moral maupun bisnis?

Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang: semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis.

Mengapa etika periklanan tampaknya tidak mampu mengurangi jumlah pelanggaran etika periklanan?

b. Etika periklanan tampaknya tidak mampu mengurangi jumlah pelanggaran etika periklanan karena kurangnya kesadaran dari berbagai pihak yang terkait, seperti produsen yang memiliki produk tersebut, biro iklan yang mengemas iklan dalam segala dimensinya, bintang iklan, media massa yang menayangkan iklan, serta

Bagaimana etika dalam beriklan?

Iklan dan pelaku periklanan harus : 1) Jujur, benar, dan bertanggungjawab. 2) Bersaing secara sehat. 3) Melindungi dan menghargai khalayak, tidak merendahkan agama, budaya, negara, dan golongan, serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Etika apa saja yang harus diperhatikan dalam menggunakan media iklan sebagai promosi?

Hal ini bukanlah mimpi, jika Anda mempelajari dan menerapkan etika promosi di media sosial dengan sungguh-sungguh. ... Seperti berikut ini etika promosi di media sosial yang harus dilakukan.

  • Komunikatif.
  • Cara Menanggapi Konsumen. ...
  • Jangan Terlalu Sering Memposting. ...
  • Perbanyak Informasi Terbaru. ...
  • Menghargai Orang Lain.

Apakah ciri ciri iklan yang baik dan benar?

  • Iklan Bersifat Informatif. Informatif adalah ciri-ciri iklan yang baik dengan segala sesuatu yang memberikan informasi mengenai suatu produk kepada calon konsumen yang dituju.
  • 2. Iklan Juga Bersifat Komunikatif. ...
  • Penggunaan Bahasa yang Mudah Dipahami. ...
  • 4. Iklan Dikemas dengan Menarik. ...
  • Memiliki Sifat Persuasif.

Apakah setiap barang yang hendak dijual harus di iklankan?

Jawaban: Suatu produk baru harus diiklankan supaya masyarakat tau bahwa produk tersebut telah ada dan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.

Mengapa pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga barang dan jasa?

Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya yang bertujuan untuk membagi wilayah pemasaran atau alokasi pasar terhadap barang dan atau jasa sehingga dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

Mengapa pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha lain dalam hal melakukan penetapan harga jual kembali?

Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga di bawah harga pasar, yang dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.

Bagaimana hukumnya jika pelaku usaha menetapkan harga barang jasa yang sangat tinggi?

Pelaku Usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen atau pelanggan pada pasar bersangkutan yang sama.

Mengapa iklan harus dikemas secara menarik?

Iklan dikemas agar menarik perhatian dan minat para pembacanya. Sehingga seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

Apa manfaat iklan perlu menyertakan kontak pengiklanan?

Kontak iklan berfungsi sebagai media komunikasi antara pembeli (peminat iklan) dan pengiklan.

12 Mengapa membuat iklan tidak boleh menjatuhkan produk yang lain Images

Post a Comment for "Mengapa Membuat Iklan Tidak Boleh Menjatuhkan Produk Yang Lain"